Jumat, 09 Desember 2011

Seorang Laki-Laki yang Menolong Seekor Anjing

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda (yang artinya), "Ketika seorang laki-laki dalam perjalanan, ia kehausan. Ia masuk ke dalam sumur yang curam, lalu minum di sana. Kemudian ia keluar, tiba-tiba ia mendapati seekor anjing di luar sumur yang sedang menjulurkan lidahnya dan menjilat-jilat tanah lembab karena kehausan. Orang itu berguman, 'Anjing ini telah merasakan apa yang baru saja saya rasakan.' Kemudian, ia kembali turun ke sumur dan memenuhi sepatunya dengan air, lalu membawanya naik dengan menggigit sepatu itu. Sesampainya di atas ia minumi anjing tersebut. Karena perbuatannya tadi, Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosa-dosanya. Para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah kalau kami mengasihi binatang, kami mendapatkan pahala? Beliau bersabda, 'Berbuat baiklah kepada setiap makhluk, pasti kamu akan mendapatkan pahala'." (HR Bukhari dan Mulsim)


Ternyata di dalam Islam tidak ada ruginya berbuat baik kepada sesama makhluk. Meskipun terhadap seekor anjing, bukan berarti harus berbuat semena-mena. Bahkan, ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang membuat seokor anjing itu perlua ditolong, seseorang hendaknya menolongnya. Karena, perbuatan baik itu akan dibalas oleh Allah dengan imbalan yang berlipat ganda. Mengapa berlipat ganda? Coba Saudara bayangkan, hanya menolong seekor anjing dengan sedikit air saja, Allah kemudian berterima kasih dan mengampuni dosa-dosa orang tersebut. Bukankah itu imbalan yang berlipat ganda? Oleh karena itu, tidak ada ruginya berbuat baik kepada sesama makhluk hidup.

Oleh: Ainul Kholish http://alislamu.com/kisah-islami/25-kisah-islami/1104-seorang-laki-laki-yang-menolong-seekor-anjing.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost